Perbedaan Rumah Minimalis dan Klasik

Memiliki rumah yang nyaman dengan desain sesuai keinginan merupakan impian banyak orang. Untuk mewujudkannya maka sebelum dibangun harus menentukan konsep apa yang akan digunakan untuk desain rumahnya. Saat ini banyak yang memilih untuk membangun rumah dengan desain minimalis atau klasik.

Tampilan rumah dengan desain minimalis atau klasik sangat cantik dan menarik sehingga banyak yang menyukainya. Meski simpel tetapi rumah tetap terlihat menarik dan membuat nyaman penghuninya. Baik desain rumah minimalis atau klasik masing-masing memiliki keunggulan masing-masing.

Buat kamu yang akan membangun rumah tetapi masih bingung memilih antara desain minimalis atau klasik. Sebaiknya simak penjelasan tentang perbedaan rumah minimalis dan klasik dibawah ini.

Apa Itu Rumah Minimalis?

Rumah minimalis adalah tipe rumah yang identik dengan kesederhanaan. Dimana kesederhanaan tersebut bisa diimplementasikan dalam tata ruang yang sederhana, polos, tidak terlalu luas dan tidak menggunakan tambahan banyak ornamen atau furniture.

Sedangkan maksud dari konsep rumah minimalis adalah kesederhanaan. Jika dilihat rumah dengan konsep minimalis itu minim furniture dan tidak berlebihan. Rumah minimalis biasanya menggunakan warna cat yang kalem, seperti warna krem atau putih. Adapun beberapa ciri dari rumah minimalis adalah sebagai berikut:

  • Tata ruang yang sederhana.
  • Minim sekat dan pembatas ruangan.
  • Menggunakan furniture minimalis.
  • Warna dinding bersih serta eksterior sederhana.
  • Fungsi jendela kaca yang dioptimalkan.

Apa Itu Rumah Klasik?

Rumah dengan desain klasik mengurung tema zaman kuno dann dipengaruhi oleh gaya Eropa, terutama sentuhan seni Yunani dan Roma. Desain rumah klasik biasanya memiliki ciri khas berupa mewah, mulai dari fasad rumah hingga bagian interiornya.

Ciri lain dari rumah ini yaitu menggunakan tiang-tiang besar atau pilar yang menciptakan kesan kuno khas Yunani atau Roma. Selain itu, motifnya berupa ukiran yang khas dan bangunannya tampak simetris.

Inilah 4 Perbedaan Rumah Minimalis dan Klasik

Setelah dijelaskan sedikit tentang rumah minimalis dan klasik, selanjutnya kamu perlu tahu perbedaan diantara kedua desain rumah ini.Kira-kira apa saja perbedaannya? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Warna Dinding yang Digunakan

Perbedaan pertama antara rumah minimalis dan klasik terletak pada warna dinding yang digunakan. Rumah dengan desain minimalis biasanya menggunakan warna yang cenderung netral. Dimana warna cat rumah yang bagus untuk digunakan yaitu warna putih, krem,abu-abu dan beige. Warna-warna yang disebutkan tersebut biasanya diaplikasikan pada warna dinding eksterior rumah.

Dikutip dari lama https://artikel.rumah123.com ada beberapa warna cat yang cocok untuk untuk rumah minimalis agar terlihat semakin cerah dan menarik. Beberapa warna cat tersebut adalah biru, hijau terang, pink, orange, merah, ungu dan sebagainya.

Sedangkan untuk desain rumah klasik eringkali rumahnuya didominasi oleh warna cat uang terang. Contohnya seperti putih, ivory atau beige. Warna-warna tersebut memang sangat cocok digunakan pada rumah klasik karena membuat tampilan dinding rumah semakin cantik dan terlihat semakin klasik.

Selain itu, warna-warna tersebut bisa berdiri sendiri tanpa perlu ada tambahan warna lainnya. Akan tetapi, banyak pemilik rumah klasik yang kemudian memberikan sedikit tambahan warna seperti warna kuning emas dan cokelat untuk menguatkan kesan mewah.

2. Jumlah Ruangan

Salah satu ciri khas dari rumah minimalis yaitu didalamnya tidak membutuhkan banyak ruangan. Hal ini bertujuan agar bagian dalam rumah tidak sempit dan sumpek. Selain itu, rumah minimalis juga meminimalisir penggunaan perabot atau furniture. Dengan begini maka bagian interior rumah terlihat semakin luas.

Sementara untuk rumah dengan gaya klasik dibangun dengan memiliki banyak ruangan didalamnya. Setiap ruangan yang dimiliki memilikiukuran yang cukup luas. Hampir semua jenis ruangan ada di rumah klasik, terutama untuk model-model tahun lawas.

Menariknya lagi, setiap ruangan yang dimiliki dilengkapi dengan perabot atau furniture yang mencirikan fungsi dari ruangan tersebut. lebih istimewanya lagi, biasanya satu ruangan dengan ruangan lainnya dibatasi oleh dinding yang solid serta dihubungkan oleh lorong ataupun koridor yang panjang.

3. Pencahayaan

Perbedaan rumah minimalis dan klasik berikutnya yaitu terletak pada pencahayaan rumah. Dimana untuk rumah dengan desain minimalis memiliki pencahayaan ruangan yang dibuat seterang mungkin. Warna terang tersebut berlaku untuk semua ruangan yang ada di dalam rumah dengan tujuan agar menciptakan kesan yang lebih kekinian.

Rumah dengan desain klasik lebih sering menggunakan warna lampu yang terlihat redup. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kesan yang lebih klasik pada ruangan. Meski menggunakan lampu yang terlihat redup tetapi ruangan tidak akan nampak seram.

4. Jumlah Furniture

Rumah minimalis tidak hanya memiliki jumlah ruangan yang minim, tetapi juga memiliki jumlah furniture yang sedikit. Pasalnya semakin banyak furniture yang digunakan maka rumah akan terasa semakin sempit dan sumpek. Oleh karena itu, penggunaan furniture perlu diperhatikan. Biasanya pemilik rumah minimalis menggunakan furniture atau perabot yang minimalis.

Hal ini tentu saja berbeda dengan yang ada pada rumah klasik. Dimana untuk rumah klasik menggunakan banyak furniture dengan tampilan yang klasik dalam sat ruangan. Artinya dalam satu ruangan saja terdapat beberapa furniture. Ini akan membuat penampilan interior rumah terlihat semakin klasik.

Nah itulah beberapa perbedaan rumah minimalis dan klasik. Diharapkan dengan penjelasan diatas kamu bisa tahu perbedaan keduanya. Selain itu, kamu menjadi lebih mudah untuk menentukan desain rumah yang dipilih untuk digunakan, minimalis atau klasik.