Untung Rugi Bisnis Dropship, Kamu Wajib Tahu!

Memulai bisnis dropship memang menjanjikan di era seperti sekarang, banyak yang beralih ke bisnis online dan mulai dengan metode dropship. Walaupun bisnis sistem dropship ini banyak diminati karena berbagai kemudahannya, kamu perlu mengetahui untung rugi bisnis dropship, agar bisa meminimalisir kerugian yang ada.

Keuntungan Bisnis Sistem Dropship

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang harus kamu ketahui untuk memulai bisnis sistem dropship, yaitu;

1. Modalnya Minim

Keuntungan pertama yang membuat orang melirik bisnis dropship karena modalnya relatif kecil, kamu bahkan hanya perlu kuota internet dan smartphone saja untuk memulai, karena dengan sistem dropship, kamu tidak perlu menyetok barang di rumah maupun buka gudang penyimpanan.

2. Mudah Dijalani

Salah satu alasan kenapa bisnis dropship diminati oleh masyarakat karena mudah untuk dijalankan, kamu bisa memulai bisnis ini tanpa perlu memikirkan produksi produk, packingan dan pengiriman, karena biasanya sudah ada supplier yang mengurus, kamu hanya perlu fokus jualan dan promosi saja.

3. Produk Bervariasi dan Inovatif

Biasanya produk hasil supplier adalah produk yang dibuat berdasarkan inovasi dan riset pasar, sehingga produknya sudah terbukti dapat dijual karena memang masyarakat membutuhkannya. Nah dengan sistem dropship kamu tidak perlu repot memikirkan inovatif produk atau variasinya, karena supplier yang membuatnya.

Seperti salah satu supplier terlengkap Dropshipaja, yang selalu berinovasi dengan produk - produk yang pasti laris di pasaran.

Baru-baru ini bahkan ada produk terbaru yang merupakan hasil kolaborasi bersama beauty community terbesar di Indonesia yaitu Rahasia Gadis (Rahasia Beauty).

Produk terbarunya adalah 3 varian parfum yang unik sebagai representasi aura wanita Indonesia, oleh karena itu tema parfumnya #unleashyouraura. Bahkan produk ini release dan launching pertama kali di event besar yang dihadiri 75,000 orang yaitu The Girl Fest.

Inovasi produk seperti ini dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan dropshipper. Nah jika kamu tertarik ingin jualan produk kolaborasi yang hadir di event The Girl Fest ini dan mendapatkan supplier terlengkap yang memfasilitasinya? Cari tahu disini (link ke dropshipaja).

4. Bisnis yang Fleksibel

Bisnis dropship adalah bisnis yang fleksibel, dimana kamu bisa menjalankan bisnis ini dimana saja dan kapan saja karena sistemnya online.

5. Hanya Perlu Fokus Jualan

Bisnis dropship ini memberikan kamu kemudahan, karena kamu hanya perlu fokus jualan, seperti packingan, produksi produk dan pengiriman dilakukan oleh supplier.

Kerugian Bisnis Sistem Dropship

Selain keuntungan, bisnis sistem dropship juga memiliki kerugiannya yang harus kamu ketahui, yaitu:

1. Keuntungan Relatif Lebih Kecil

Keuntungan relatif lebih kecil dibandingkan reseller jika kamu menjual produk dengan harga tinggi, apalagi jika produknya biasa saja. Namun jika memang kualitas produk sangat bagus kamu tidak perlu khawatir untuk mematok harga tinggi, dan pastikan kamu mempunyai target pasar yang tepat.

2. Tidak Bisa Mengontrol Produk

Kekurangan dropship lainnya adalah kamu tidak bisa mengontrol produk yang kamu jual dan kamu bergantung kepada supplier, namun hal ini bisa diatasi jika kamu memilih supplier yang tepat yang bisa membantu kamu dalam inovasi produk.

3. Image Brand Dipengaruhi Supplier

Pebisnis dropship harus pintar memilih supplier karena image brand yang ia rintis bergantung pada supplier, jika kamu salah memilih supplier maka akan terjadi beberapa kerugian seperti barang tidak sesuai, packing tidak jelas bahkan pengiriman telat.

4. Kustomisasi Produk Terbatas

Kendali produk berada di tangan supplier, kamu tidak punya kontrol penuh, sehingga menjadi dropshipper memiliki kekurangan tidak ada ruang untuk berinovasi dengan kustomisasi produk yang bisa di pesan oleh pelanggan.

Nah itulah beberapa untung rugi bisnis dropship yang wajib kamu ketahui, sehingga kamu bisa meminimalisir masalah yang terjadi ketika kamu sedang menjalankan bisnis dropship, untuk membaca artikel bisnis online lainnya, anda bisa klik disini.