5 Cara Mengatasi Google Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Penyebab Google tidak bisa dibuka di HP atau Laptop biasa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya jaringan internet atau browser yang bermasalah. Tapi tidak menutup kemungkinan Google tidak dapat dibuka karena server Google yang bermasalah.

Google menjadi mesin pencari nomor 1 di dunia yang banyak diakses orang-orang. Dengan memiliki tenaga ahli terbaik di dunia kadang masih terdapat error atau bug.

Google yang pada umumnya sebuah website membutuhkan peramban (browser) untuk mengaksesnya. Ada banyak sekali Browser yang bisa kita temui, misalnya Google Chrome, Opera, dan Mozilla Firefox.

Nah, kadang-kadang tidak bisa mengakses situs Google karena terjadi masalah pada browser. Maka itu akan berikan cara mengatasi Google yang tidak bisa dibuka.

Penyebab Kenapa Google Tidak Bisa Dibuka dan Solusinya

1. Google Chrome Belum Diperbarui

Memperbarui aplikasi akan memperbaiki bug yang ada. Setiap bug tersebut mengganggu kinerja pada aplikasi sehingga bisa membuat kita tidak dapat mengakses situs Google, Facebook, Instagram, dan lainnya.

Nah, hal pertama jika Google tidak bisa dibuka kamu bisa mencoba untuk update aplikasi Google Chrome di HP / Laptop.

Cara memperbarui aplikasi Google Chrome sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Play Store di HP.
  2. Ketuk ikon Profil di pojok kanan atas.
  3. Ketuk Kelola aplikasi & perangkat.
  4. Pilih di bagian "Update tersedia", cari Chrome.
  5. Ketuk Update, tunggu hingga selesai.

2. Jaringan Internet Bermasalah

Bisa jadi jaringan internet yang kamu gunakan bermasalah. Kamu bisa cek dengan membuka situs lain ketika membuka Google tidak bisa.

Misalnya kamu buka detik.com atau kompas.com sebagai tes. Ketika kamu tes membuka situs lain ternyata bisa, dan membuka Google.com tetep ga bisa. Itu berarti memang Google sedang bermasalah.

Memang hampir tidak pernah kita temui server Google mengalami down yang membuat situs tidak dapat diakses. Berarti dapat kita simpulkan bahwa Google sedang bermasalah ketika kamu akses situs lain dengan jaringan yang sama tapi tetap bisa dibuka.

3. Terjadi Crash pada Aplikasi

Sering kali aplikasi memiliki bug yang tidak banyak orang tahu. Bug tersebut membuat aplikasi seperti Chrome jadi bermasalah, sehingga kita tidak bisa browsing.

Nah, jika kamu menemukan masalah pada aplikasi yang sedang crash tidak bisa dibuka. Lakukanlah restart ponsel segera.

Bisa jadi ada file atau program yang bentrok sehingga kamu tidak bisa akses Google. Nah, restart ponsel sangat mudah. Kamu hanya perlu menekan beberapa detik tombol power, lalu ketuk menu matikan yang tampil di layar.

4. Cache Chrome Penuh

Selain hal di atas ada alasan kenapa google tidak bisa dibuka dikarenakan Cache Google Chrome penuh. Nah, langkah yang tepat adalah dengan segera menghapus cache di aplikasi.

Cache adalah proses penyimpanan sementara data untuk mengurangi proses muat suatu website atau aplikasi.

Nah, kalau cache ini penuh seharusnya sebagai pengguna untuk cek secara berkala. Tujuan hapus cache adalah untuk melindungi privasi dan menghemat ruang penyimpanan.

Kalau penyimpanan penuh membuat aplikasi akan lama. Makanya kita hapus saja cachenya, siapa tahu google dapat diakses kembali.

5. Buka Google dengan Browser Lain

Terakhir cara ini bisa kamu lakukan dengan instal browser selain Google Chrome. Kamu bisa mencoba browser seperti Opera atau Mozilla Firefox. Jika kamu pengguna desktop bisa mencoba Microsoft Edge untuk membuka situs Google.

Jika dengan cara ini Google sudah bisa dibuka kembali, berarti ada masalah dengan aplikasi Google Chrome kamu. Ada banyak sekali aplikasi browser termasuk Opera, Mozilla, Edge, Maxthon, dan yang lainnya.

Referensi artikel: midtekno.com