9 Langkah Menulis Artikel SEO yang Tidak Mungkin Salah


Kalau blogger ingin menulis artikel yang bisa langsung muncul di halaman pertama pencarian Google tentunya harus tahu terlebih dahulu langkah menulis artikel SEO. Sebab, artikel semacam inilah yang akan menjadi pilihan Google karena memang sudah sesuai dengan ketentuan serta termasuk artikel layak dibaca oleh masyarakat.

Langkah menulis artikel SEO tidak sulit yang penting blogger mengetahui dan memahami ilmunya saja. Setelah itu, pengetahuan tersebut harus diterapkan ke dalam artikel sebelum artikel tersebut di-publish ke dalam website. Nah, bagi yang ingin mengetahui cara menulis SEO ala sipwriter yang benar, maka silakan baca list berikut:

1. Lakukan Riset Pembaca Terlebih Dahulu


Blogger membuat tulisan dalam bentuk artikel, tentunya memiliki tujuan bagaimana artikel tersebut bisa dibaca oleh banyak orang. Akan tetapi, kalau si pembaca tidak suka dengan artikel yang akan dibacanya, berarti tujuan si blogger telah gagal dan artikel yang telah dibuatnya menjadi sia-sia.

Oleh sebab itu, sebelum blogger mulai menulis artikel, silakan petakan dulu pembacanya melalui riset yang detail dan menyeluruh. Termasuk meriset usia pembaca lalu buat artikel dengan tema yang memang sesuai dengan usia tersebut.

2. Mulai Memilih Keyword yang Dicari Pembaca


Cara membuat artikel itu mudah tetapi tidak untuk artikel SEO. Sebab, blogger harus benar-benar memasang kata kunci atau keyword yang tepat atau kata kunci yang memang sering dicari calon pembaca di internet.

Jika kata kunci yang diletakkan di artikel salah, tentu Google kesulitan untuk melakukan deteksi yang artinya artikel tidak akan muncul di laman pencarian teratas. Untuk mendapatkan kata kunci atau keyword yang tepat, blogger bisa menggunakan tool tertentu yang salah satunya menggunakan Ubersuggest atau yang lain.

Silakan masukkan keyword pilihan blogger di sana, lalu tekan Enter. Nah pilihan kata kunci yang muncul itulah yang paling banyak dicari viewer. Blogger tinggal memasukkannya di dalam artikel secara natural atau tidak berkesan memaksakan pada kalimat yang tidak tepat.

3. Silakan Buat Judul yang Singkat tetapi Menarik


Langkah menulis artikel SEO berikutnya adalah membuat judul singkat tetapi menarik. Menarik di sini maksudnya, blogger harus membuat judul yang sekiranya pembaca mau mengklik dan membaca artikel melalui judul tersebut. Untuk membedakan mana judul singkat tidak menarik dengan judul artikel singkat menarik, silakan lihat di bawah:

  • Cara Menulis Artikel
  • Cara Menulis Artikel 10 Menit Selesai

Jika membaca contoh judul di atas, maka judul artikel yang kedua yang menarik dan bisa membuat pembaca tertarik untuk klik dan membaca artikel sampai selesai. Jadi, blogger tidak boleh asal membuat judul artikel singkat, tetapi judul harus dirancang semenarik mungkin.

4. Jangan Lupa Memasukkan Subheading dan Listicle


Sejatinya, cara membuat artikel di website itu tergantung dari para penulisnya atau tergantung para blogger. Artinya, mereka bisa saja membuat artikel yang keseluruhan format-nya berbentuk narasi hingga selesai akan tetapi ini akan membuat pembaca bosan apalagi kalau jumlah kata yang dipakai cukup banyak.

Untuk itu, blogger harus memasukkan subheading dan listicle yang akan membatasi munculnya narasi di dalam artikel yang terlalu berlebihan. Dengan adanya subheading dan listicle yang biasanya ditulis dalam bentuk bold, viewer akan mendapatkan informasi lebih mudah dan lebih jelas.

5. Mulai Membangun Paragraf dari Kalimat-Kalimat Singkat


Langkah menulis artikel SEO yang juga penting untuk diperhatikan adalah menyusun paragraf dari kalimat-kalimat yang singkat namun padat. Usahakan di dalam satu kalimat hanya terdapat satu inti penjabaran saja supaya pembaca tidak kebingungan ketika ingin mendapatkan informasi darinya.

Jumlah kalimat di dalam satu paragraf juga harus diatur dengan bijak dan tidak lebih dari 5 kalimat saja. Sebab, kalau sudah lebih dari 5 kalimat, paragraf tersebut bisa dikatakan sudah terlalu panjang sehingga pembaca akan malas untuk melanjutkan membaca paragraf berikutnya.

6. Jangan Lupa Masukkan Keyword LSI


Keyword LSI atau kata kunci turunan juga harus ada di dalam artikel website. Dengan adanya keyword semacam ini deteksi Google terhadap artikel menjadi semakin luas karena artikelnya sendiri telah diperkuat dengan kata kunci yang dominan.

Kalau keyword utama artikel “cara menulis artikel SEO” maka kata kunci turunan yang bisa diikutsertakan adalah “cara membuat artikel”, “contoh artikel SEO” dan “contoh artikel website”. Jika pembaca memasukkan kata kunci ini di pencarian Google, tetap yang muncul artikel yang kw utamanya “cara menulis artikel SEO” bukan yang lain.

7. Memasukkan Internal Link


Salah satu alasan pembaca masuk ke dalam website adalah untuk mendapatkan informasi yang detail dan menyeluruh. Maka dari itu, blogger harus menyediakan berbagai artikel yang saling terkait di dalam satu website dan pembaca diberikan akses termudah untuk membaca seluruh artikel tersebut.

Cara yang bisa dilakukan ialah memasukkan internal link ke dalam artikel. Usahakan link tersebut akan mengarah pada artikel yang memang sesuai dengan artikel utama. Nah, jika pembaca menekan link tersebut, maka otomatis artikel yang dimaksud akan terbuka sehingga blogger bisa segera membacanya tanpa harus mengetik kw baru di kotak pencarian.

8. Boleh Menambahkan Eksternal Link


Kalau blogger memiliki 2-3 website maka tidak mengapa kalau antara website tersebut disinkronkan satu sama lain. Apalagi kalau artikel-artikel di dalam website memang saling mendukung untuk keutuhan informasi bagi pembaca.

Agar pembaca tidak membuka website satu persatu, maka blogger bisa memasukkan eksternal link ke dalam artikel yang dipilih. Sehingga, ketika pembaca menekan link tersebut, maka otomatis website yang dituju akan terbuka tanpa pembaca harus keluar dari website yang pertama.

Sejatinya blogger bisa memasukkan website milik blogger lain ke dalam artikel melalui link eksternal. Namun syaratnya, si pemilik website kedua harus bersedia untuk memasukkan website pertama ke dalam artikelnya juga melalui link eksternal. Artinya ada kerjasama untuk sama membesarkan website demi memperbanyak jumlah viewer.

9. Terakhir, Silakan Unggah Gambar yang Sesuai


Langkah terakhir sebelum artikel SEO diposting di website adalah, silakan unggah gambar yang sesuai dengan isi dari artikel. Gambar-gambar semacam ini banyak di internet tetapi usahakan memilih yang tidak memiliki hak cipta supaya blogger tidak mendapatkan masalah di kemudian hari.

Jika blogger mampu mendesain gambar sendiri, maka konten semacam ini lebih dianjurkan dan akan menjadi poin lebih bagi platform pencarian Google. Jadi, silakan unggah gambar di artikel lalu posting agar artikel segera dibaca oleh viewer.

Kalau membaca langkah menulis artikel SEO di atas, sejatinya tidak susah kecuali blogger memiliki kesibukan tetapi masih ingin membesarkan website. Ini pun tidak masalah karena ada SIPWriter sebagai jasa penulis artikel murah yang siap membuatkan artikel SEO dengan biaya murah. Jadi, mari bermitra dengan menghubungi admin melalui situs sipwriter.com. Blogger pasti dilayani dengan baik dan ramah.