Kenalan dengan Jurusan Teknik Sipil dan Hal yang Dipelajari

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL DIBAWAH INI


Ngomongin soal salah satu jurusan kuliah yang sangat populer dan banyak diminati, tentu kita nggak boleh melewatkan Jurusan Teknik Sipil. Jurusan yang satu ini dijamin nggak kalah populer dan prospektif dibandingkan dengan beberapa jurusan lain yang pada umumnya diminati oleh siswa-siswi yang hendak memilih jurusan kuliah di berbagai kampus.

Jurusan Teknik Sipil banyak diminati tentu bukan tanpa sebab, melainkan karena prospek kerjanya yang sangat fundamental. Artinya, keberadaan dan peran seorang sarjana lulusan teknik sipil dipandang sangat penting dalam dunia kerja. Sehingga, pada umumnya, jurusan ini memang dipandang sangat prospektif dan memiliki banyak peminat di berbagai kampus saat masa pendaftaran mahasiswa di berbagai seleksi pendaftaran yang tersedia.

Sebelum ngebahas soal apa saja hal yang dipelajari saat berkuliah di jurusan teknik sipil, sebaiknya bahas ulang mengenai deskripsinya. Mungkin saja, ada beberapa diantara kita yang belum tahu, sekedar sharing berbagi pengetahuan saja sih.

Jurusan Teknik Sipil merupakan suatu bidang disiplin ilmu yang mempelajari seputar perencanaan serta perancangan beragam fasilitas dan sistem yang menunjang pembangunan sebuah lingkungan perkotaan atau juga pedesaan. Bahkan, ilmu teknik sipil juga memungkinkan para praktisinya untuk melakukan pengelolaan atau bahkan memanajemen suatu sistem dan fasilitas yang menunjang pembangunan di suatu wilayah.

Beragam sektor fasilitas seperti jembatan, bantaran sungai hingga berbagai pengembangan suatu teknologi yang memungkinkan kehidupan manusia untuk terhindar dari suatu bencana. Sebegitu vital dan pentingnya peran dan kontribusi ilmu teknik sipil dalam menunjang kemajuan perabadan manusia di era yang semakin modern.


Sedikitnya, ada 5 hal yang menjadi inti pembelajaran utama saat berkuliah di Jurusan Teknik Sipil. Langsung saja berikut ini ulasannya.

1. Struktural

Secara konsepnya, bidang struktural ini membahas mengenai berbagai komponen ataupun suatu bahan yang tersusun dalam suatu unit pembangunan. Berbagai bahan seperti beton, baja, bahkan hingga kayu memiliki beragam karakteristik yang berbeda sehingga akan menjadi suatu pembelajaran khusus dalam suatu mata kuliah. Namun dalam perjalanannya, pembelajaran mengenai structural ini bias lebih diperdalam sesuai fokus penjurusannya masing-masing.

2. Geoteknik

Bidang Geoteknik akan mengajak para mahasiswa jurusan teknik sipil untuk lebih mendalami perihal jenis tanah dan batuan yang menjadi suatu penopang dari bangunan diatasnya. Jenis tanah dan bebatuan macam apa yang cocok menjadi penopang dari suatu bangunan akan dibahas secara mendalam dalam tahapan perkuliahannya.

3. Manajemen Konstruksi

Manajemen Konstruksi ini lebih menekankan pada bagaimana seorang praktisi jurusan teknik sipil mampu memanajemen suatu pembangunan secara detail. Mulai dari biaya, penjadwalan, izin pelaksanaan pembangunan dan beberapa hal detail lainnya.

4. Hidrologi

Bidang ini menekankan pendalaman pada penghitungan curah hujan di suatu daerah yang hendak dilakukan pembangunan, tekanan air, debit air sungai serta berbagai fasilitas yang berkaitan dengan air. Sebut saja waduk hingga pelabuhan, menyoal bagaimana pengendalian dan pendistribusiannya.

5. Transportasi

Ilmu teknik sipil juga memungkinkan suatu kontribusi dalam hal mengenai pengelolaan suatu sistem transportasi, lalu lintas serta berbagai permasalahan yang timbul dan juga pemecahannya.

Nah, setelah kita membahas mengenai 5 hal yang akan menjadi pelajaran utama saat berkuliah di jurusan teknik sipil, maka pertanyaan berikutnya adalah, dimana kita bisa berkuliah di kampus yang jurusan teknik sipilnya bagus?


Jawabannya, di Universitas Gunadarma, kampus ini memiliki visi besar untuk menyelanggarakan sistem pendidikan di perguruan tinggi dengan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga bisa mencetak berbagai lulusan, termasuk sarjana teknik sipil yang berdaya saing tinggi dan mampu menunjang kemajuan pembangunan bangsa.

Visi tersebutlah yang harus menjadi perhatian kita bila hendak mencari suatu kampus yang didalamnya memiliki visi pendidikan yang prospektif. Sehingga, bila kita hendak berkuliah di jurusan teknik sipil, maka menjadikan jurusan teknik sipil di universitas gunadarma sebagai pilihan utama merupakan suatu putusan yang sangat jitu.

Terlebih, pada dasarnya, jurusan teknik sipil memiliki prospek dan peluang kerja yang sangatlah luas dan menjanjikan. Beberapa diantaranya yakni peluang untuk diterima bekerja sebagai Insinyur sumber daya perairan, konsultan di bidang konstruksi, pengawas konstruksi dan bangunan, analis kontrol bahkan hingga bekerja di BUMN.

Maka, dengan besarnya peluang kerja jurusan yang sangat prospektif tersebut, maka memang sebaiknya memilih jurusan teknik sipil di suatuk ampus yang memiliki mutu pendidikan yang baik. Satu hal yang jelas, Universitas Gunadarma bisa dijadikan pilihan sebagai jalan untuk meraih cita-cita menjadi seorang praktisi handal di bidang teknik sipil.