Keunggulan Ruangbelajar by Ruangguru Tempatnya Guru-Guru Terbaik


Belajar online terasa lebih mudah dan menyenangkan bersama Ruangguru. Terlebih saat ini telah dirilis Ruangbelajar by Ruangguru yang merupakan produk baru untuk memaksimalkan kegiatan belajar kamu selama pandemi ini.

Di Ruangbelajar, terdapat ribuan video materi sekaligus pembahasannya yang terdiri lebih dari 1200 sub topik untuk seluruh jenjang. Kamu dapat memilih leaning journey berdasarkan kelas serta mata pelajaran yang kamu minati. Untuk mengetes pemahamanmu terhadap materi, juga disediakan kuis, latihan soal, dan rangkuman berbentuk infografis yang menarik. Jadi kamu tidak akan merasa bosan ketika belajar di sini karena media pembelajarannya yang interaktif.

Selain itu Ruangbelajar juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik yang dapat memaksimalkan kegiatan belajar kamu. Apa sajakah fiturnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Fitur-Fitur Menarik di Ruangbelajar by Ruangguru

1. Ruangguru PET


Di Ruangbelajar, kamu akan ditemani oleh Ruangguru pet yakni 3 karakter hewan lucu yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Mereka adalah Modo si komodo purba yang hidup di pulai terpencil, Candra si burung cendrawasih yang hidup di hutan yang rimbun, dan Harry si harimau yang tinggal di Hutan Sumatera. Belajar tidak akan membosankan lagi karena karakter hewan-hewan khas Indonesia ini akan menemani kamu selama belajar di Ruangbelajar.

2. Ruangguru Adventure


Belajar serasa main game, Ruangbelajar memiliki fitur Ruangguru Adventure. Disini kamu dapat memodifikasi avatar kamu dengan menggunakan item yang dibeli dari poin gold. Nah, untuk mendapatkan poin gold, kamu harus selesaikan misi yaitu dengan mengerjakan latihan soal. Semakin sulit soalnya, semakin banyak xp dan gold yang kamu dapatkan. Poin xp bisa kamu gunakan untuk naik ke level berikutnya.

3. Jadwal Belajar


Fitur menarik lainnya yang bisa kamu manfaatkan di Ruangbelajar adalah Jadwal Belajar. Dengan fitur ini kamu dapat mengatur sendiri jadwal belajar sesuai keinginan. Kamu dapat menentukan mata pelajaran, beserta waktunya. Jadwal ini bisa kamu ubah sewaktu-waktu.

4. Asah Otak


Selain belajar, kamu juga bisa menguji kemampuan kamu dengan menjawah soal atau memecahkan teka-teki di fitur Asah Otak. Di fitur ini kamu akan diberi beberapa soal atau teka-teki yang harus kamu jawab. Dari hasil yang kamu dapatkan, nantinya Ruangbelajar akan memberi rekomendasi video materi pembelajaran yang harus kamu pahami lebih lanjut. Sehingga kamu bisa mengevaluasi pemahaman kamu terhadap materi-materi yang telah diajarkan sebelumnya.

5. Adapto dan Konsep Kilat


Fitur Adapto dan Konsep Kilat akan resmi diluncurkan awal Juli 2021. Tujuan dari fitur Adapto ini adalah untuk meningkatkan belajar siswa dengan kecepatan mereka sendiri serta memastikan kamu sudah memahami materi sebelumnya sebelum berlanjut ke materi berikutnya. Dengan begitu kamu dapat terdorong untuk belajar lebih banyak dalam 1 sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan dan imersif.

6. Bank Soal


Di fitur Bank Soal kamu akan mendapatkan kumpulan soal terlengkap untuk persiapan menuju ujian. Terdapat beragam jenis paket, mulai dari UTS, UAS, UN hingga SBMPTN. Nantinya kamu akan mendapatkan pembahasan setelah mengerjakan soal-soal untuk semakin menambah pemahaman materi kamu.

7. Laporan Belajar


Dari belajar dan misi yang kamu selesaikan, kamu akan mendapatkan rapor dari fitur Laporan Belajar. Di fitur ini kamu akan diberitahu akumulasi misi yang sudah diselesaikan, lama belajar, jumlah vidio yang ditonton, serta rekomendasi misi yang cocok untuk meningkatkan prestasi.

8. Rencana Belajar (Playlist Belajar)


Kegiatan belajar kamu akan lebih mudah dengan fitur Rencana Belajar yang akan dirilis Juli mendatang. Di fitur ini kamu dibiasakan untuk lebih disiplin terkain konten apa yang harus kamu pelajari setiap minggu. Rencana Belajar juga akan memberi rekomendasi playlist pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai timeline atau agenda di sekolah. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti.

9. Subtitle Video


Supaya kamu tak melewatkan poin penting selama menonton video pembelajaran, Ruangbelajar juga akan merilis fitur baru yaitu Subtitle Video. Transkrip pada video dapat membuat kamu memahami lebih banyak kata demi kata dan melihat konten secara mendetail tanpa melewatkan poin penting.

10. Fitur Pencarian


Saat kamu tertarik ingin mempelajari topik tertentu, pasti kamu ingin mencarinya dengan cepat hanya dengan menuliskan kata kunci saja. Nah, fitur Pencarian akan dirilis mulai Juli 2021 yang akan membantumu menemukan materi yang kamu inginkan dengan cepat.

11. Pet Mission


Ruangbelajar juga akan merilis fitur Pet Mission di bulan Juli yang berisi 4 misi dalam seminggu yang jika kamu selesaikan, akan mendapatkan hadiah berupa 1 batu evolusi hewan peliharaan.

12. Tes Minat Bakat


Terakhir adalah Tes Minat Bakat, fitur yang direncanakan akan rilis Juli 2021 ini berupa tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Tujuan tes ini adalah untuk membantu memperkirakan karir yang sesuai, mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning, dan hasilnya adalah jurusan-jurusan sesuai minal yang ditunjang oleh bakat yang kamu miliki.

Harga Paket Ruangbelajar di Ruangguru


Setelah melihat fitur-fitur di Ruangbelajar, kamu bisa langsung membeli paketnya sesuai kebutuhan dan jenjang pendidikanmu. Berikut list-nya.

  • SD, SMP, SMA, SMK Paket PAT : Rp.210.000
  • SD, SMP, SMA, SMK Paket 1 Tahun Ajaran : Rp.599.000
  • SD, SMP, SMA, SMK Paket 2 Tahun Ajaran : Rp.999.000
  • SD, SMP, SMA, SMK Paket 1 Bulan : Rp.250.000
  • SMA paket PAT + SBMPTN / SMK paket PAT + SBMPTN : Rp.285.000
  • Paket SIMAK UI : Rp747.500
  • Paket 1 Tahun Ajaran SMA/SMK + SBMPTN : Rp.999.000
  • Paket 1 Tahun Ajaran SBMPTN : Rp.599.000
  • Paket PAT SMA/SMK + SBMPTN : Rp.285.000
  • Paket 1 Bulan SBMPTN : Rp.250.000

Itulah keunggulan, fitur serta harga paket Ruangbelajar by Ruangguru yang harus kamu tahu. Dengan memilih Ruangbelajar, kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal selama belajar online di rumah. Semoga bermanfaat.