Skill Academy, Platform Pelatihan dan Kursus Prakerja Terbaik

Sumber Foto : Kompasiana.com

Salah satu cara yang dipilih pemerintah untuk meminimalisir dampak ekonomi akibat pandemi adalah dengan membuka program Kartu Prakerja. Kartu Prakerja itu merupakan bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi kerja sasaran penerimanya yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah ataupun kuliah. Demi kesuksesan program ini pemerintah menggandeng beberapa instansi kursus prakerja terbaik, salah satunya adalah Ruangguru.

Ruangguru merupakan startup teknologi yang fokus pada pendidikan berbasis online. Dalam program Kartu Prakerja, Ruangguru diwakili oleh Skill Academy. Perlu diketahui jika Skill Academy menjadi platform pelatihan dan juga kursus prakerja terbaik. Lantas, apa itu Skill Academy? Yuk, langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Skill Academy By Ruangguru?

Sumber Foto : Kayumatiii.blogspot.com

Skill Academy adalah inovasi terbaru yang dikeluarkan oleh Ruangguru. Ruangguru dikenal sebagai perusahaan startup teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia. Perusahaan ini fokus pada layanan berbasis pendidikan. Hingga saat ini Ruangguru sudah digunakan lebih dari 22 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran.

Pada tahun 2020, Skill Academy telah digunakan oleh 4  juta pengguna dan sudah mendapatkan rating 5 sempurna serta telah diulas sebanyak 350.000 lebih pengguna. Pencapaian terbaik yang diterima oleh Skill Academy yaitu meraih penghargaan dari Dailysocial dan Best Personal Growth App dari Google Play Store.

Platform pelatihan ini ditujukan untuk mahasiswa, profesional dan juga umum yang ingin meningkatkan soft skill dan technical di berbagai bidang. Semua keterampilan tersedia di platform ini, mulai dari kelas bisnis hingga hobi. Materi pembelajaran setiap bidang akan disampaikan oleh ahli yang kompeten di bidangnya. Serta untuk harganya juga sangat terjangkau dan ekonomis.

Skill Academy menawarkan beberapa jenis pelatihan keahlian, seperti kelas teknologi dan software terbaik, kelas bisnis dan keuangan, kelas pemasaran terbaik, kelas persiapan tes terbaik dan juga kelas pengembangan diri terbaik. Banyaknya jenis pelatihan yang ditawarkan tidak mengherankan jika kemudian Skill Academy menjadi platform pelatihan dan kursus prakerja terbaik.

Tahapan Membeli Kelas dengan Kartu Prakerja di Skill Academy

Sumber Foto : Medium.com

Tujuan dari program Kartu Prakerja yaitu untuk meningkatkan kemampuan profesional masyarakat usia produktif dan ingin cepat memperoleh pekerjaan sesuai dengan kemampuan di bidangnya. Pemerintah memfasilitasinya dengan menggandeng platform pembelajaran online seperti Skill Academy. Platform ini kemudian menyediakan kelas-kelas yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Topik ataupun tema pembelajaran yang disediakan oleh Skill Academy sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Contohnya seperti kelas-kelas keterampilan berbisnis rumahan saat pandemi, kelas profesional untuk meningkatkan skill seperti menjadi copywriting, content writer dan sebagainya. Setelah mengetahui kelas apa saja yang ada di Skill Academy, selanjutnya tinggal membelinya. berikut langkah-langkah membeli kelas prakerja yang diinginkan:

  • Pertama-tama, masuk ke www.skillacademy.com/prakerja. Setelah itu sign in dan lanjutkan dengan pilih kelas.
  • Setelah memilih kelas lalu pilih Prakerja sebagai metode pembayaran.  Lalu pilih mitra platform digital yang tersedia, seperti Bukalapak dan Tokopedia.
  • Pengguna akan masuk ke laman mitra platform digital. Kemudian baca detail kelas, jika sesuai langsung saja pilih Beli.
  • Pada metode pembayaran, pilih Kartu Prakerja kemudian masukkan Nomor Kartu Prakerja, lalu klik Bayar. Apabila pilihan Kartu Prakerja tidak keluar, klik Lihat Semua.
  • Setelah selesai melakukan proses pembayaran, langsung saja cek Notifikasi pada ikon bergambar lonceng yang ada di kanan atas.
  • Lalu pada bagian Pembelian, pilih Lihat Semua lalu klik tab Topup & Tagihan. Pilih Kelas Skill Academy yang sudah dibeli untuk melihat Kode Voucher. Salin Kode Voucher pada halaman transaksi.
  • Kembali ke www.skillacademy.com/prakerja atau aplikasi Skill Academy lalu klik tombol Tukarkan.
  • Terakhir, masukkan Kode Voucher yang sebelumnya sudah disalin, lalu klik Gunakan. Kelas sudah aktif dan siap digunakan.

Itulah informasi seputar Skill Academy, platform pelatihan dan kursus prakerja terbaik. Sudah dijelaskan juga mengenai tahapan-tahapan membeli kelas dengan Kartu Pekerja dalam platform Skill Academy. Semoga bisa membantu ya!