Jenis-Jenis dan Contoh Iklan Bahasa Inggris yang Dipakai Sehari-Hari


Halo sobat Kpop Squad Media tercinta semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi penting lainya di kpopsquad.com! Kali ini kita akan membahas seputar pengertian apa itu iklan atau advertisement text, tujuan advertisement text, jenis-jenis iklan dalam bahasa inggris, ciri-ciri advertisement text, struktur iklan dalam bahasa inggris, tips cara membuat iklan dalam bahasa inggris dan contoh iklan bahasa inggris yang dipakai sehari-hari.

Siapa sih yang tidak ingin produk yang dijual bisa laris manis. Untuk mencapai keinginan tersebut tidaklah sulit. Bagaimana caranya? Caranya dengan mengiklankan produk yang dijual. Produk tidak hanya di iklankan di dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri. Akan tetapi, jika ingin beriklan ke luar negeri pastinya harus menggunakan bahasa inggris. Alasannya bahasa inggris merupakan bahasa internasional sehingga mudah untuk dimengerti.

Membuat iklan dengan bahasa inggris bisa dibilang sulit-sulit gampang. Hal ini dikarenakan membuat iklan juga memerlukan teori yang tepat dan benar, terutama jika menggunakan bahasa inggris. Jika sampai ada kesalahan pasti maknanya sudah berbeda dan membuat orang yang membacanya menjadi bingung. Tetapi tak perlu khawatir karena ada banyak contoh iklan bahasa inggris yang bisa dipakai sehari-hari. Yuk, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Iklan atau Advertisement Text?


Iklan di dalam bahasa inggris dikenal dengan nama advertisement text. Advertisement text adalah salah satu dari sekian banyak jenis short functional text. Adapun pengertian iklan adalah pesan atau berita yang berguna untuk membujuk dan mendorong orang supaya tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Biasanya iklan dipromosikan melalui berbagai media, seperti radio, televisi, radio, majalah, koran, media sosial, internet dan sebagainya.

Iklan yang dibuat di dalamnya harus mengandung pemberitahuan kepada masyarakat serta bersifat mempengaruhi pembaca. Perlu diketahui jika iklan tidak hanya terbatas pada produk saja, melainkan juga pada informasi. Ajakan dan seruan untuk melakukan suatu hal.

Pembuatan iklan yang akan dimuat di media cetak itu dibatasi oleh ruang atau tempat. Sedangkan iklan di media digital itu dibatasi oleh durasi. Pembuatan iklan harusnya dibuat singkat, padat dan jelas agar mengurangi biaya penayangan.

Tujuan Advertisement Text


1. Informing (Memberi Informasi)

Tujuan dari iklan yang pertama adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain. Dimana keberadaan periklanan ini bisa memberitahukan pasar mengenai produk baru serta perubahan harga, membangun citra perusahaan, menjelaskan cara kerja serta memberikan informasi mengenai kegunaan suatu produk.

2. Persuading (Membujuk)

Namanya iklan pasti bersifat membujuk orang lain. Artinya iklan bisa bertujuan untuk membentuk preferensi merek, membujuk pembeli untuk mencoba produk maupun jasa yang di iklankan, mengubah persepsi pembeli tentang atribut produk serta mengajak konsumen untuk membeli produk sekarang juga.

3. Reminding (Mengingatkan)

Tujuan iklan yang ketiga yaitu reminding mengingatkan. Maksudnya sebuah iklan dibuat bertujuan untuk melindungi supaya merek perusahaan tetap ada dalam ingatan konsumen. Selain itu, juga meningkatkan minat konsumen kepada merek yang sudah ada.

4. Adding Value (Penambah Nilai)

Iklan yang dibuat bisa memberikan nilai tambah berupa penyempurnaan kualitas produk, inovasi dan juga merubah persepsi konsumen. Perlu diketahui jika periklanan yang efektif bisa merubah persepsi konsumen.

5. Assisting (Mendampingi)

Tujuan iklan yang terakhir yaitu sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain suatu perusahaan dalam proses komunikasi perusahaan. Dengan begini maka perusahaan bisa lebih cepat dalam mencapai target yang diinginkan.

Jenis-Jenis Iklan dalam Bahasa Inggris


1. Iklan Cetak

Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dengan cara dicetak. Biasanya jenis iklan ini ditemui di koran, majalah, selebaran, baliho, poster, sticker dan sebagainya. Di dalam jenis iklan ini terdapat ketentuan dalam membuatnya berdasarkan dimana iklan akan dipasang.

2. Iklan Elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan yang menggunakan media elektronik dalam penyampaian maupun tampilan iklannya. Media elektronik yang digunakan seperti televisi, radio, iklan dalam media sosial dan iklan dalam film.

3. Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah iklan yang dibuat dengan menggunakan strategi pemasaran produk atau jasa, dimana produk dan jasa yang di iklankan lebih halus jika dibandingkan dengan iklan pada umumnya. Iklan advertorial biasanya ditemukan di surat kamar atau majalah.

4. Iklan Display

Iklan display adalah iklan yang dibuat dengan menampilkan iklan produk dengan menggunakan gambar yang menarik sehingga bisa menarik perhatian banyak orang. Tujuan dari pembuatan iklan ini supaya lebih banyak orang yang mengetahui produk yang di iklankan.

Ciri-Ciri Advertisement Text


Ciri-ciri iklan bahasa inggris atau advertisement text tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri iklan bahasa indonesia. Berikut ini beberapa ciri-ciri tersebut:

1. Pilihan kata yang digunakan lebih menonjolkan informasi yang paling penting.

2. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan target atau sasaran produk.

3. Pilihan kata yang digunakan menarik, logis, tepat dan juga sopan.

4. Pilihan kata yang digunakan mempunyai sugesti bagi orang banyak.

Struktur Iklan dalam Bahasa Inggris


1. Purpose (Tujuan)

Ketika membuat sebuah iklan pastinya harus menuliskan tujuan dari dibuatnya iklan tersebut. Iklan dibuat dengan singkat, padat dan jelas sehingga masyarakat bisa menerima isi iklan dengan sangat baik.

2. Name of Product (Nama Produk)

Struktur iklan selanjutnya yaitu nama produk. Saat membuat iklan jangan sampai lupa untuk mencantumkan nama dan juga merek produknya. Meski mengiklankan jasa harus tetap mencantumkan nama dengan jelas.

3. User (Pengguna)

Satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam membuat sebuah iklan adalah pengguna. Ketika membuat iklan harus memastikan dengan tepat siapa sasaran atau pengguna produk tersebut.

Tips Cara Membuat Iklan dalam Bahasa Inggris


1. Gunakan Bahasa yang Menarik

Di dalam sebuah iklan, bahasa menjadi hal yang sangat penting. Entah itu dalam iklan cetak maupun iklan elektronik. Ketika membuat iklan harus menggunakan bahasa yang menarik dan mudah untuk dipahami. Jangan sampai menggunakan bahasa yang terbelit-belit karena bisa sulit untuk dipahami. Supaya isi iklan mudah diingat konsumen bisa membuat slogan yang menarik.

2. Menambahkan Gambar

Saat membuat iklan jangan lupa untuk memperhatikan unsur gambar. Hal ini dikarenakan keberadaan gambar akan menentukan menarik atau tidaknya sebuah iklan. Gunakan gambar yang jelas dengan warna yang cerah. Bisa juga menambahkan gambar tokoh terkenal supaya konsumen bisa dengan mudah mengingat atau mengenalinya.

3. Menyertakan Informasi Detail Produk

Iklan yang dibuat juga harus menyertakan informasi detail mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Meski harus memberikan informasi secara detail tetapi buatlah dalam kalimat dengan menarik supaya orang yang membacanya mudah memahami dan mengingatnya.

4. Iklan Harus Singkat 

Perlu diketahui jika iklan yang dibuat tidak perlu menggunakan semua informasi yang dimiliki. Iklan yang dibuat harus bisa membuat pendengar atau pembaca merasa penasaran sehingga ingin mengetahui informasinya lebih lanjut. Maka dari itu, buatlah iklan secara singkat tetapi harus berkesan. 

Contoh Iklan Bahasa Inggris


1. Contoh Iklan Bahasa Inggris Tentang Produk

Sprite

Sprite is a great tasting and refreshing soft drink that has provided the moment of uplift and happiness every day over 40 years.

Sprite is now the world’s leading soft drink and sold in more 100 countries around the world

It has natural flavor

Suitable for vegetarians

Gluten free

Sprite is a sparkling soft drink

Sprite, fell the moment!

2. Iklan Bahasa Inggris Tentang Lowongan Pekerjaan

Job Vacancy Accounting Staff

Requirements

1. Man or Woman Max 27 years old

2. Min D3 Accounting

3. Minimum 1 years experience

4. Fluent in English both oral and written 

5. Having good  personal appearance and a pleasant personality

6. Please send your application letter, CV, photograph and expected salary to:

PT. Amanda Company. JL. Gajah Mada No. 45 Krian, Sidoarjo, East Java

Nah itulah jenis-jenis dan contoh iklan bahasa inggris yang bisa dipakai sehari-hari beserta informasi lainnya mengenai iklan. Diharapkan informasi diatas bisa membantu pembaca yang sedang membuat iklan bahasa inggris. Bagi kamu yang ingin belajar bahasa inggris lebih mendalam bisa berkunjung ke visitpare.com yang terkenal sebagai pusat kursus bahasa inggris dan media informasi pendaftaran online kampung inggris pare kediri. Semoga bisa bermanfaat!