Apa itu Tulibot? Kenali Alat Bantu Tuna Rungu Canggih Terbaru 2020

Apa itu Tulibot, Tulibot adalah, Cara Kerja Tulibot, Tulibot 2020, Alat Bantu Tunarungu 2020, Alat Bantu Tunarungu Terbaru, Alat Bantu Tunarungu Canggih, Cara Kerja Alat Bantu Tunarungu, Alat Bantu Tunarungu Tulibot, Tulibot Alat Bantu Tunarungu, Harga Tulibot, Cara Beli Tulibot, Cara Menggunakan Tulibot, Alat Bantu Komunikasi Tunarungu Tulibot, Tulibot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.


Tulibot adalah kombinasi antara aplikasi, smart glasses, dan smart gloves. Pengguna akan menggunakan smart gloves yang memanfaatkan bahasa isyarat American Sign Language (ASL) yang nantinya dapatkan menghasilkan sebuah audio. Tulibot akan mendeteksi audio melalui aplikasi kemudian diterjemahkan menjadi kata-kata yang ditampilkan melalui smart glasses yang digunakan pengguna.

Alat Bantu Komunikasi Tunarungu yang dikembangkan oleh enak orang mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Temuan ini mendapat mendali emas dalam event international yaitu Engineering Education Festival (E2Festa) 2019.

#SahabatDikbud, enam mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil menciptakan alat bantu bagi penderita tuna rungu yang mereka namakan Tulibot. Melalui Tulibot, mahasiswa PENS berhasil meraih medali emas dan "grand prize" dalam "Engineering Education Festival (E2Festa)" 2019 di Incheon, Korea Selatan pada tanggal 26 s.d 27 November 2019.


Cara kerja alat ini adalah mendeteksi suara melalui aplikasi yang kemudian diterjemahkan menjadi kata-kata dan dapat ditampilkan melalui kacamata pintar, apabila penyandang tunarungu ingin merespon, pengguna bisa menggunakan sarung tangan pintar yang bisa berbahasa isyarat "American Sign Language" (ASL) lalu akan dibunyikan.

Yuk, sampaikan apresiasi dan semangat kepada #SahabatDikbud lainnya agar terus menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif!

#MerdekaBelajar #CerdasBerkarakter #CerdasBerbudaya
#UnggahUlang Ditjen Belmawa

Sumber :

Facebook : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI