10 Lagu Karya Jonghyun SHINee Yang Akan Selalu Kita Ingat Sepanjang Masa


Tanggal 18 Desember 2017 menjadi hari yang mengejutkan banyak orang. Itu adalah hari yang mengguncang industri Kpop karena kehilangan seorang artis yang sangat berbakat dan dihormati. Bahkan jika anda bukan seorang penggemar setia dari SHINee ataupun Jonghyun, pasti semua orang menyadari kemampuannya sebagai penyanyi dan penulis lagu yang berbakat.


Jonghyun memiliki kemampuan yang alami untuk mengekspresikan pengalaman dan emosinya dengan mudah melalui musiknya, dan kehadirannya akan sangat dirindukan.


Untuk selalu mengingatnya, kita ditinggalakan sebuah warisan lagu-lagunya yang luar biasa. Inilah 10 lagu karya Jonghyun SHINee yang akan selalu kita ingat selamanya,

1. End of a Day

Lagu ini adalah lagu utama dari album Jonghyun yakni 'Story Op 1'. End of a Day sendiri merupakan lagu yang bisa menyantukan para penggemarnya dengan jenis pikiran yang di milikinya. Jonghyun memiliki cara untuk membuat liriknya yang terdengar seperti sebuah jurnal, dan memberi kita wawasan mendalam tentang perasaannya. Dan lirik lagu tersebut pun sangat pas untuk di dengarkan.

2. Lonely ft Taeyeon of Girls Generation


Lonely adalah lagu utama dari album terbaru Jonghyun di tahun 2017 yakni 'Story Op 2'. Jonghyun mengatakan bahwa ia menyusun lagu ini secara khusus dengan pemikiran Taeyeon. Banyak orang yang berkomentar bahwa ini merupakan duet yang terdiri dari dua vokalis SM yang terbaik, dan suara mereka saling melengkapi dengan sempurna. Lirik dalam lagu tersebut sangat melankolis dan indah. Dan lagu ini merupakan sebuah lagu yang tidak akan pernah terlupakan.


3. Lee Hi - Breath

Mungkin lagu ini merupakan salah satu lagu terpopuler yang ditulis oleh Jonghyun, lagu 'Breath' mengejutkan banyak orang karena, Jonghyun dan Lee Hi berasal dari agensi yang berbeda. Tablo dari YG Entertainment yang telah berkerja sama dengan Jonghyun saat itu, mempresentasikan lagu tersebut kepada Lee Hi. Meskipun mendapat tawaran dari agensi lain, Lee Hi dengan senang hati menerima lagu tersebut dan menampilkan lagu itu di dalam albumnya 'Seoulite' sebagai lagu utama. Lirik dan melodi 'Breath' sangat menyentuh hati, karena lagu tersebut benar-benar menunjukkan emosi yang mendalam dari Jonghyun. Kami sangat senang karena dirinya bisa memberikan kami lagu yang begitu indah.

4. IU - A Glommy Clock

IU dan Jonghyun memiliki persahabatan khusus yang berkisar seputar cinta dan pengertian mereka akan musik. Bahkan IU menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa Jonghyun adalah salah satu teman baiknya. Jonghyun mengiriminya lagu ini (Yang dia tulis dalam waktu satu hari), dan IU langsung jatuh cinta pada lagu tersebut. Ketika dirinya mendesak agar membeli lagu tersebut, tetapi Jonghyun menjawab bahwa dia tidak perlu membayarnya. Jonghyun adalah orang yang mencintai lagunya.

5. SHINee - Juliette

Meskipun Jonghyun tidak menulis lagu ini, tetapi dia memang berkontribusi dalam menulis liriknya bersama dengan Minho. Lagu ini khusus untuk Jonghyun karena ini merupakan pertama kalinya dia dinobatkna sebagai penulis lirik, dan lagu ini adalah judul lagu untuk album milik SHINee yakni 'Romeo'. Lagu 'Juliette' ini adalah lagu pertama dari banyak lagu yang dia tulis liriknya, yang akhirnya membuatnya menunjukkan bakatnya sebagai produser.
6. Taemin - Already

Lagu tersebut ada di album solo Taemin, 'Press It'. Meskipun Jonghyun sangat dekat dengan semua anggota SHINee, dia berulang kali menyebutkan bahwa dia berbicara lebih banyak bersama Taemin, dan bahkan mereka berbagi kamar saat semua anggota tinggal bersama. Ini adalah lagu pertama yang Jonghyun tulis sepenuhnya untuk anggota atau teman satu groupnya. Taemin muncul sebagai tamu disalah satu stasiun radio Jonghyun pada saat itu, mengklaim bahwa dia telah memohon Jonghyun untuk membawakan lagu tersebut. Lagu ini merupakan lagu favorit Taemin di album tersebut.

7. Beautiful Tonight


Lagu ini berasal dari album Jonghyun yakni 'Base'. Ini adalah lagu pertama yang pernah dia tulis yang istimewa baginya. Dia telah menunggu beberapa saat sampai bisa menampilkannya di albumnya. Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan bahwa setiap kali dia mendengarkannya, lagu ini memberi dia perasaan yang hangat dan dia menyukai lagu itu yang bisa dinikmati secara khusus di malam hari.


8. Let Me Out

Saat dirinya ditanya apa lagu favoritnya di album terbarunya 'Story Op 2', Jonghyun menanggapinya dengan lagu 'Let Me Out'. Dia merasa bahwa ia paling banyak berhubungan dengan lagu-lagu lainnya. Dia juga menyatakan bahwa dia terhubung dengan lagu-lagunya kapan pun dia menyanyikannya secara live.

9. Dejaa Boo ft Zion. T

Lagu 'Dejaa Boo' ditampilkan di album pertama Jonghyun yakni 'Base'. Album ini menjadi album yang penting baginya, karena ia mampu menunjukkan warna dan kemampuannya sebagai seorang penyanyi ataupun penulis lagu ke seluruh dunia. Dalam sebuah wawancara, Jonghyun mengatakan bahwa dia lebih menyukai penyanyi badan, tapi penting baginya untuk menunjukkan kepada para penggemarnya jenis musik yang sangat dia sukai. Jonghyun berkolaborasi dengan penyanyi Zion. T untuk lagu yang spesifik ini, dan kalian benar-benar akan melihat karakter funk dan juga soul Jonghyun yang bersinar melalui penampilannya dalam lagu ini. Setelah merilis lagu ini, Jonghyun mendapatkan tempat pertama di berbagai chart dan program musik. Membuktiman potensinya sebagai seorang produser yang sukses.

10. Elevator

Lagu ini ditulis dan diproduksi oleh Jonghyun selama penampilannya di Mnet 'Monthly Live Connection' pada tahun 2015 lalu. Penampilannya membuat penggemqr merasa sedih atas idolanya tersebut, karena dalam lagu tersebut Jonghyun memberikan kita wawasan yang lebih dalam tentang masa kecilnya. Air mata, dan juga emosi yang ia tunjukkan dalam lagu tersebut mengingatkan kita bahwa bagaimana ia ingin melupakan tahun-tahun awalnya dan membuat para penggemarnya bersimpati kepadanya. Lagu ini khusus ditulis dengan citra dirinya sebagai seseorang yang memiliki kehidupan yang sulit dan melelahkan. Dia menyebutkan di sebuah acara bahwa ini adalah pertama kalinya dia menangis saat menulis sebuah lagu.

Bagaimana menurut kalian?

---
Source: Soompi
Trans & re-write: Hello SHINee
CoppaMagz
Vk
K-POP dan K-Drama Indonesia