Syarat Mendapat Pinjaman Tanpa Bunga dari Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo di Mojoroto Kediri Jawa Timur

Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo saat ini menjadi bahan pembicaraan di kalangan emak-emak di kediri hingga sampai di penjuru negeri, terbukti dengan artikel dengan topik “Emak-Emak di Kediri Dapat Pinjaman Tanpa Bunga dari Bank Wakaf” di liputan6.com

Melalui proses peminjaman uang berbasis sistem syariah, Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi tidak memberikan bunga apapun kepada setiap orang yang meminjam uang, melainkan hanya diwajibkan untuk mengikuti beberapa pelatihan sekaligus pembekalan mengenai ilmu agama selama lima hari berturut turut. Calon nasabah, diberikan materi pemahaman tentang agama.

Sampai artikel ini dirilis, setidaknya sudah ada sekitar 600 orang yang tercatat sebagai nasabah Bank Wakaf Mikro berkah Rizqi Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Dari sekian ratusan nasabah yang terdata, semuanya telah dinyatakan telah lulus ujian ilmu agama selama lima hari, sehingga memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang pinjaman antara Rp 1 juta-Rp 2 juta.


Dikutip dari keterangan Muhammad Syaiful Izzat selaku manajer pengelola, Senin (4/2/2019) Berikut ini beberapa syarat dan alur calon nasabah untuk mendapatkan pinjaman tanpa bunga dari bank wakaf mikro rizqi lirboyo di kediri jawa timur.

1. Kategori usia maksimal 65 tahun, pihak bank lebih memprioritaskan pemberian pinjaman kepada ibu rumah tangga yang ekonomi menengah ke bawah dan sangat membutuhkan bantuan modal.

2. Silahkan melakukan pendaftaran ke bank wakaf mikro rizqi lirboyo di kediri jawa timur.

3. Pihak bank melakukan survei dengan mendatangi rumah dan melengkapi berkas-berkas yang ada.

4. Calon nasabah diberikan materi pemahaman tentang agama, tentang pemahaman peminjaman secara syariah dan juga mengenai ketentuan yang berlaku di bank wakaf mikro rizqi lirboyo selama 5 hari.

5. Pelatihan diberikan secara berkelompok. Masing masing orang diwajibkan untuk membentuk satu kelompok yang terdiri dari lima orang. Dalam sekumpulan orang tersebut bisa terdiri dari tiga sampai empat kelompok.

6. Setelah 5 hari selesai, pihak bank menentukan siapa saja yang layak atau tidak untuk dibiayai.

7. Setelah 5 hari selesai, Setelah itu mereka dinyatakan layak atau tidak untuk dibiayai.

Muhammad Syaiful Izzat menjamin materi pemahaman tentang agama islam yang diberikan kepada pemohon pengajuan pinjaman tidaklah berat. Asalkan mereka hadir dalam setiap kali pertemuan selama lima kali, menjadi poin tersendiri bagi pihaknya untuk memberikan penilaian positif.

Dana keuangan yang disediakan bank wakaf mikro rizqi lirboyo mencapai Rp 8 miliar yang diperoleh melalui bantuan dari Pemerintah Pusat.  Menurut kabar di sini, dana tersebut bukan dari APBN melainkan dari para donatur yang ikut dalam program pemerintah. Tidak ada profir, murni dikelola oleh pondok. Di sana (pemerintah) hanya mengawasi saja melalui Otoritas Jasa Keuangan. Karena basisnya pondok, pihak bank memiliki program utama yaitu dakwah. Jadi, program pemerintah diaplikasikan dalam media dakwah.

Dakwah ini juga membantu nasabah Bank Wakaf Mikro agar sadar atas tanggung jawabnya untuk mengembalikan pinjaman. Mungkin hanya segelintir beberapa orang yang sempat tertunda pembayarannya. Namun, setelah dilakukan pendekatan dan diingatkan mereka akhirnya mau membayar kembali. Jika andai kata ada salah satu nasabah yang meninggal dunia tetap diberlakukan sistem syariah nanti yang membayar adalah ahli warisnya karena tidak ada sistem asuransi.

Menurut keterangan salah satu calon nasabah bernama Afin (51) asal Kelurahan Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, selain doa-doa pihak bank juga memberikan tuntunan untuk mendidik anak agar lebih baik dan mencari usaha dan mencari makan yang halal. Selain itu, Afin merasa terbantu dengan adanya dana pinjaman tersebut, karena angsurannya dinilai sangat ringan hanya 20 ribu dalam satu minggu.

Pinjaman uang bisa diangsur selama enam bulan atau paling lama 12 bulan. Sementara ini, jangkauan pelayanan peminjaman uang hanya diperuntukan bagi warga yang berdomisili di Kecamatan Mojoroto, Kediri.

Sumber :