[REVIEW] Fitur dan Keunggulan (Kelebihan) PostgreSQL 11, Software Manajemen Database Terbaru 2018

PostgreSQL 11 merupakan versi terbaru dari software database open source tercanggih di dunia buatan perusahaan penyedia software open source PostgreSQL. PostgreSQL 11 hadir dengan peningkatan performa dan jajaran fitur baru yang kian menguntungkan bagi perusahaan. Oleh karena itulah, PostgreSQL 11 diklaim sebagai peluncuran besar pertama sejak versi 10 tahun lalu. Meskipun begitu, PostgreSQL 11 masih mengikuti skema penamaan format “x.y” seperti pendahulunya. Dengan demikian, peluncuran minor PostgreSQL berikutnya adalah 11.1 yang diikuti peluncuran besar berikutnya yakni versi 12.


Berikut ini beberapa fitur dan keunggulan (kelebihan) PostgreSQL 11 yang kpopsquad rangkum dari berbagai sumber:

1. Peningkatan Kinerja RDMS (Relational Database Management System)

Peningkatan fitur yang terkait dengan basis data berukuran besar dan beban komputasi tinggi.

2. Solusi Software Database Berbayar

a.    Peningkatan signifikan pada sistem partisi tabel.

Memungkinkan akses data lebih cepat karena PostgreSQL tidak perlu mencari data di setiap partisi dengan cara menghilangkan partisi tabel yang tidak berisi data yang diperlukan. Hasilnya sendiri berbentuk performa manajemen sistem database relasional yang lebih cepat berkat peningkatan kecepatan akses data berukuran besar.

b. Menambahkan dukungan prosedur tersimpan berkemampuan manajemen transaksional.

PostgreSQL 11 juga menambahkan prosedur SQL yang dapat bekerja penuh melakukan manajemen transaksi dalam tubuh fungsi, memungkinkan pengembang membuat aplikasi server yang lebih canggih.

c. Meningkatkan query paralel.

PostgreSQL 11 meningkatkan kinerja query paralel berkat peningkatan kinerja pemindaian sekuensial paralel dan hash yang digabungkan dengan pemindaian partisi data secara lebih efisien.

d. Menambahkan kemampuan definisi data paralel.

PostgreSQL 11 juga menambahkan paralelisme untuk beberapa perintah definisi data, terutama untuk pembuatan indeks B-tree.

e. Memperkenalkan kompilasi Just-in-Time (JIT) kode SQL.

Performa PostgreSQL 11 semakin ditingkatkan berkat fitur kompilasi Just-in-Time (JIT) yang mempercepat eksekusi ekspresi dalam query. Kompilasi ekspresi JIT untuk PostgreSQL menggunakan LLVM guna mempercepat eksekusi ekspresi dalam klausa WHERE, daftar target, agregat, proyeksi, dan beberapa operasi internal.

3. Menambahkan kemampuan mempartisipasi data dengan kunci hash (hash partitioning)

Menambah kemampuan yang ada saat ini untuk mempartisi data di PostgreSQL. Selain itu, solusi ini meningkatkan lebih lanjut kemampuan federasi dengan peningkatan fungsi untuk partisi yang digunakan fitur "Foreign Data Wrapper/FDW".

4. Memperkenalkan partisi "Catch-All"

Demi membantu mengelola partisi, PostgreSQL 11 memperkenalkan partisi "Catch-All" untuk menampung data yang tidak sesuai dengan kunci partisi, dan kemampuan untuk membuat Primary Key, Foreign Key, Indeks, dan pemicu pada partisi yang diwariskan ke semua tabel.

PostgreSQL 11 juga mendukung baris yang bergerak secara otomatis ke partisi yang benar jika kunci partisi untuk baris itu diperbarui.

Semoga bermanfaat!

Jangan lupa subscribe channel youtube kpopsquad disini
Follow twitter/facebook/instagram kpopsquad : @kpopsquadcom

Official Shop kpopsquad :

> Pasang Iklan (WA: 085856051665)
> Custom Case/Casing HP (
WA: 085856051665)
> Jasa Lukisan Sketsa Wajah Hitam Putih (
WA: 085856051665)
> Jasa Review Produk/Event/dll (
WA: 085856051665)
> Kerjasama lain? (
WA: 085856051665)

Sumber :

Liputan6.com
Julyanto Sutandang, CEO PT. Equnix Business Solutions
medium.com
kpopsquad.com